Tuesday, July 22, 2008

sekolah,pentingkah itu??

kemarin lusa saya ditanya oleh orang, "mas iman menurut anda sbg mahasiswa yg berjiwa idealis, menurut anda pentingkah sekolah itu; seperti kita tahu bahwa sekarang biaya untuk sekolah semakin mahal. lha wong buat makan aja susah, apalagi buat sekolah. terus banyak orang indonesia yg udah lama sekolah,e nyari kerja ya susah. lha terus apa pentingnya kita sekolah, klo ujung2nya nyari duit ya susah?"
jujur, saat itu saya cukup terdiam lama. namun saya mencoba meyakinkannya akan pentingnya arti sekolah. saya bilang bahwa, "klo masalah biaya kesusahan, lha apa artinya beasiswa. tapi kita g cuma sekolah doank,harus da talent2 laen yg harus kita punya. karena itu yg buat kita punya nilai plus ketika mau kerja. contoh gampangnya, brp byk lulusan s1 mesin di indonesia(krna saya kuliah di mesin)??dah banyak banget kan. tapi brp byk lulusan mesin yg jago marketing and jago di bidang IT.pasti jauuuhh lebih sedikit di banding cuma lulusan s1 mesin."

"lha klo gitu, buat apa pentingnya sekolah. sekolah aja di google!!"
langsung spontan saya diam,tapi beberapa saat ide saya muncul lagi. "gini lo mas, apa iya orang yg cuma ngenet tiap hari,dia bisa expert di bidang itu. yg pasti ada kemungkinan,tapi cukup kecil. karena kebanyakan org Indonesia adlh pasif. apalagi gak ada evaluasi dan bangun link. sekolah itukan bisa digunakan untuk bangun link. gak semua link, bisa didapat dari online.terkadang kita harus offline.karena kita bisa melakukan pendekatan secara personal.dan nantiya kita bisa gunakan link tsb ketika kerja. gimana?. di tambah, tarif internetan di negara kita ini masih terbilang mahal. iya klo gratis. apalagi dia nantinya krg mendapat latihan dan ujian ecara berkala. klo menurut saya yang paling bagus adalah ketika org tsb bisa sekolah dg baik,bangun link se banyak2nya,kerjakan tugas dan tes dg fair. asah hobby dan minat lain. insya Allah pasti dia akan dapet kerja n gajinya gede."

"wah klo saya sih, masih mending tanpa sekolah umum. kita sekolah otodidak dg google,n baca buku2 sebanyak2nya
lalu kita practice dg sendirinya. toh banyak ilmuwan2 hebat dari otodidak, bkn krna belajar di instansi resmi. terus klo mo ijasah,kita coba aja ikut tes penyetaraan di universitas2 'gak jelas',
kan yg penting keahlian langsung di lapangan,bkn ijasah. ijasah kan bisa bohong."

"ya, saya menghargai keputusan mas, tapi masalahnya 'kebanyakan' org indonesia belum bisa spt itu. lha klo mas mau, mas coba aja sama putra mas nanti ato sodara2 mas, gimana?"

dan bagi pembaca artikel ini, silahkan kirim komentarnya!

No comments: